Apa Saja Makana Sunah yang Mengandung Segudang Nutrisi?

- Selasa, 28 Maret 2023 09:09 WIB
Apa Saja Makana Sunah yang Mengandung Segudang Nutrisi?
Istimewa
Barley

bulat.co.id - Saat ramadan penting untuk memastikan tubuh mendapat asupan bernutrisi. Beberapa makanan sunah bisa dikonsumsi. Tak hanya kurma, tapi ada juga buah dan makanan sehat ini.

Dalam Alquran dan hadis, tercantum nama-nama makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi muslim. Makanan ini mengandung segudang nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Mengonsumsinya saat ramadan juga bisa jadi pilihan tepat untuk menambah energi dan stamina. Jenisnya ternyata tak hanya kurma, tapi juga buah dan makanan sehat lain berikut ini.

Baca Juga: Menu yang Dianjurkan Dokter Gizi Untuk Sahur Kilat

Berikut 8 makanan sunah ramadan yang bagus dikonsumsi rutin, seperti dikutip dari detikFood, Selasa (28/3/2023):

1. Zaitun

Sejak lama zaitun jadi makanan favorit pelaku hidup sehat. Informasi mengenai zaitun dan minyak zaitun ternyata tercantum dalam Alquran dan hadis.

" ... yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api ..." (Q.S. 24:35)

"Makanlah Zaitun dan minyakilah rambut dengan Zaitun. Karena ia dari pohon yang berkah." [Tirmidzi]

Konsumsi zaitun saat berpuasa amat disarankan untuk mencegah kelelahan dan lemas berlebih. Makan buah zaitun mampu menjaga kesehatan darah karena meningkatkan kadar zat besi sekaligus menjaga tingkat energi tetap stabil.

Mengonsumsi zaitun juga disebut bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat lainnya bahkan bagus untuk perkembangan kognitif.

Penulis
:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru