Apa Saja Makana Sunah yang Mengandung Segudang Nutrisi?

- Selasa, 28 Maret 2023 09:09 WIB
Apa Saja Makana Sunah yang Mengandung Segudang Nutrisi?
Istimewa
Barley


2. Kurma

"Ada sebatang pohon diantara pohon-pohon yang serupa dengan seorang Muslim (dalam kebaikan). Daunnya tidak rontok. Pohon apakah itu? Rasulullah SAW sendiri berkata, "Itu adalah pohon kurma".

Kurma disebutkan dalam Alquran dan hadis karena manfaat sehat dan keberkahan dari mengonsumsinya. Kurma yang kaya vitamin dan protein ini bagus dikonsumsi saat sahur maupun buka puasa.

Kandungan zat besi pada kurma juga menjadikan buah manis lembut ini efektif mencegah kelelahan dan pusing di siang hari yang sering dialami saat puasa. Makan kurma juga mampu menyehatkan sistem pencernaan.

3. Buah ara

Makanan sunah ini disebutkan Rasulullah SAW sebagai buah yang diturunkan dari surga. Beliau bersabda, "Makanlah buah ara! Jika engkau berkata,' ada buah yang diturunkan dari surga,' maka aku bisa katakan, 'Inilah buahnya, karena sesungguhnya buah surga tanpa biji.' Oleh karena itu, makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok." [Sahih Bukhari].

Buah ara adalah sumber vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang bagus untuk tubuh. Mengonsumsinya bagus untuk mencegah sembelit, memperbaiki sistem pencernaan, hingga menyehatkan dan mencegah penyakit jantung karena kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 nya.

4. Labu

Menurut hadis Tirmidhi, Rasulullah SAW menyukai labu. Mengonsumsinya secara rutin memang bagus untuk kesehatan. Labu menjaga kesehatan jantung sekaligus mencegah kanker karena kandungan antioksidan dan senyawa antikanker di dalamnya.

Labu juga terkenal dengan manfaatnya menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur. Makan labu bantu kamu rileks dan melepas lelah setelah puasa yang lama.

Penulis
:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru