BPJS Sibolga Sediakan Layanan MCS

- Selasa, 09 Mei 2023 11:30 WIB
BPJS Sibolga Sediakan Layanan MCS
Istimewa
Staf Komunikasi dan Kesekretariatan BPJS sat berada di kegiatan BPJS Keliling Mobile Customer Service (MCS).

bulat.co.id - BPJS Kesehatan Cabang Sibolga terus berupaya dalam memperluas jangkauan layanan Program JKN salah satunya melalui kegiatan BPJS Keliling Mobile Customer Service (MCS). MCS merupakan Kanal Layanan Tatap Muka dengan menggunakan kendaraan roda empat dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional layanan peserta yang mengusung konsep "jemput bola".

Selain itu, MCS juga menjadi media promosi dan corporate branding kepada masyarakat luas. Sebagai bentuk dukungan kegiatan MTQ Ke-50 Kota Sibolga belum lama ini, BPJS Kesehatan hadir memberikan pelayanan kepada peserta dalam bentuk Mobile Customer Services.

Baca Juga: KMTT Akan Gelar Aksi Susulan dengan Massa Lebih Banyak

Perhelatan akbar ini menjadi suatu kesempatan yang tidak ingin dilewatkan, mengingat salah satu sasaran kegiatan MCS ini adalah "Arround City" yaitu berada di pusat kota dan di tengah-tengah keramaian.

Pejabat Pengganti Sementara (PPS) Kepala Cabang BPJS Sibolga Elvina Syaprafani Batubara menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan senantiasa berupaya memberikan kemudahan bagi peserta dimana salah satunya menghadirkan program Mobile Costumers Service (MCS) tersebut di tengah-tengah masyarakat.

"Kita menghadirkan MCS pada kegiatan ini salah satu tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kepesertaan. Terkadang ada masyarakat sekedar ingin tahu informasi seputar JKN mungkin sungkan datang ke kantor, maka disinilah fungsi program ini. Jadi program JKN semakin dekat dengan masyarakat." Kata Elvina, Selasa (9/5/2023).


Elvina juga menambahkan, karena sifatnya mobile, maka hanya beberapa aktifitas pelayanan saja yang dapat dilakukan seperti adminsitrasi kepesertaan, pemberian informasi dan penanganan pengaduan langsung JKN serta pengecekan iuran.

Kehadiran MCS pada Kegiatan MTQ ini berhasil menarik perhatian masyarakat yang hadir. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat mendatangi petugas MCS untuk mendapat pelayanan ataupun sekedar bertanya terkait informasi JKN.

Raffles Nasution (38), salah seorang panitia penyelenggara kegiatan turut mengunjungi lokasi kegiatan MCS. Adapun kunjungan tersebut beliau lakukan untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai JKN. Sebagai panitia dirinya juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi BPJS Kesehatan dalam memeriahkan Kegiatan MTQ Ke-50 Kota Sibolga Tahun 2023 tersebut.

"Dulu saat saya menjabat di salah satu daerah, saya sering berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan melalui kegiatan MCS ini. Saat itu MCS ini rutin setiap minggunya 'mangkal' di daerah tersebut. Jadi untuk membantu pengurusan layanan JKN warga, saya langsung bertanya pada petugas MCS ini. Urusan jadi gampang dan cepat terselesaikan. Warga tidak perlu pusing-pusing memikirkan harus ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, karena ada keterbatasan jarak dan waktu, karena untuk urusan kesehatan ini tentunya kita ingin yang cepat dan tepat solusinya" ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut tampak juga seorang peserta sangat antusias menceritakan tentang pelayanan yang dia dapatkan.

"Pengalaman saya menggunakan BPJS Kesehatan ini sangat baik, tiga-tiganya proses kelahiran anak saya menggunakan BPJS. MCS ini juga harus dipertahankan, agar dapat menjangkau seluruh warga yang tidak sempat datang ke kantor namun butuh mendapatkan informasi dan solusi cepat. Seperti saya tadinya ingin ke kantor BPJS Kesehatan, syukurnya ada MCS di sini," ujarnya penuh semangat.


Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan atas capaian UHC Kota Sibolga yang sejak Januari 2018 hingga saat ini mampu dipertahankan. Sebagai informasi bahwa kepesertaan JKN Kota Sibolga sampai dengan Februari 2023 sebesar 95,51% dibandingkan dengan jumlah penduduk Kota Sibolga sampai dengan Semester I Tahun 2022.

Penulis
: Doddy Irwansyah
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru