bulat.co.id - BPJS Kesehatan Cabang Sibolga terus berupaya dalam
memperluas jangkauan layanan Program JKN salah satunya melalui kegiatan BPJS
Keliling Mobile Customer Service (MCS). MCS merupakan Kanal Layanan Tatap Muka
dengan menggunakan kendaraan roda empat dilengkapi dengan infrastruktur
pendukung operasional layanan peserta yang mengusung konsep "jemput bola".
Selain itu, MCS juga menjadi media promosi dan corporate
branding kepada masyarakat luas. Sebagai bentuk dukungan kegiatan MTQ Ke-50
Kota Sibolga belum lama ini, BPJS Kesehatan hadir memberikan pelayanan kepada peserta dalam bentuk
Mobile Customer Services.
Baca Juga: KMTT Akan Gelar Aksi Susulan dengan Massa Lebih Banyak
Perhelatan akbar ini menjadi suatu kesempatan yang tidak
ingin dilewatkan, mengingat salah satu sasaran kegiatan MCS ini adalah "Arround
City" yaitu berada di pusat kota dan di tengah-tengah keramaian.
Pejabat Pengganti Sementara (PPS) Kepala Cabang BPJS Sibolga Elvina Syaprafani Batubara
menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan senantiasa berupaya memberikan kemudahan bagi
peserta dimana salah satunya menghadirkan program Mobile Costumers Service
(MCS) tersebut di tengah-tengah masyarakat.
"Kita menghadirkan MCS pada kegiatan ini salah satu
tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan
kepesertaan. Terkadang ada masyarakat sekedar ingin tahu informasi seputar JKN
mungkin sungkan datang ke kantor, maka disinilah fungsi program ini. Jadi
program JKN semakin dekat dengan masyarakat." Kata Elvina, Selasa (9/5/2023).
Elvina juga menambahkan, karena sifatnya mobile, maka hanya
beberapa aktifitas pelayanan saja yang dapat dilakukan seperti adminsitrasi
kepesertaan, pemberian informasi dan penanganan pengaduan langsung JKN serta
pengecekan iuran.
Kehadiran MCS pada Kegiatan MTQ ini berhasil menarik
perhatian masyarakat yang hadir. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat
mendatangi petugas MCS untuk mendapat pelayanan ataupun sekedar bertanya
terkait informasi JKN.
Raffles Nasution (38), salah seorang panitia penyelenggara
kegiatan turut mengunjungi lokasi kegiatan MCS. Adapun kunjungan tersebut
beliau lakukan untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai JKN. Sebagai
panitia dirinya juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi BPJS Kesehatan
dalam memeriahkan Kegiatan MTQ Ke-50 Kota Sibolga Tahun 2023 tersebut.
"Dulu saat saya menjabat di salah satu daerah, saya sering
berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan melalui kegiatan MCS ini. Saat itu
MCS ini rutin setiap minggunya 'mangkal' di daerah tersebut. Jadi untuk
membantu pengurusan layanan JKN warga, saya langsung bertanya pada petugas MCS
ini. Urusan jadi gampang dan cepat terselesaikan. Warga tidak perlu pusing-pusing
memikirkan harus ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, karena ada keterbatasan
jarak dan waktu, karena untuk urusan kesehatan ini tentunya kita ingin yang
cepat dan tepat solusinya" ungkapnya.
Pada kegiatan tersebut tampak juga seorang peserta sangat
antusias menceritakan tentang pelayanan yang dia dapatkan.
"Pengalaman saya menggunakan BPJS Kesehatan ini sangat baik,
tiga-tiganya proses kelahiran anak saya menggunakan BPJS. MCS ini juga harus
dipertahankan, agar dapat menjangkau seluruh warga yang tidak sempat datang ke
kantor namun butuh mendapatkan informasi dan solusi cepat. Seperti saya tadinya
ingin ke kantor BPJS Kesehatan, syukurnya ada MCS di sini," ujarnya penuh
semangat.
Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk
dukungan atas capaian UHC Kota Sibolga yang sejak Januari 2018 hingga saat ini
mampu dipertahankan. Sebagai informasi bahwa kepesertaan JKN Kota Sibolga
sampai dengan Februari 2023 sebesar 95,51% dibandingkan dengan jumlah penduduk
Kota Sibolga sampai dengan Semester I Tahun 2022.