Elvina juga menambahkan, karena sifatnya mobile, maka hanya
beberapa aktifitas pelayanan saja yang dapat dilakukan seperti adminsitrasi
kepesertaan, pemberian informasi dan penanganan pengaduan langsung JKN serta
pengecekan iuran.
Kehadiran MCS pada Kegiatan MTQ ini berhasil menarik
perhatian masyarakat yang hadir. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat
mendatangi petugas MCS untuk mendapat pelayanan ataupun sekedar bertanya
terkait informasi JKN.
Raffles Nasution (38), salah seorang panitia penyelenggara
kegiatan turut mengunjungi lokasi kegiatan MCS. Adapun kunjungan tersebut
beliau lakukan untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai JKN. Sebagai
panitia dirinya juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi BPJS Kesehatan
dalam memeriahkan Kegiatan MTQ Ke-50 Kota Sibolga Tahun 2023 tersebut.
"Dulu saat saya menjabat di salah satu daerah, saya sering
berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan melalui kegiatan MCS ini. Saat itu
MCS ini rutin setiap minggunya 'mangkal' di daerah tersebut. Jadi untuk
membantu pengurusan layanan JKN warga, saya langsung bertanya pada petugas MCS
ini. Urusan jadi gampang dan cepat terselesaikan. Warga tidak perlu pusing-pusing
memikirkan harus ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, karena ada keterbatasan
jarak dan waktu, karena untuk urusan kesehatan ini tentunya kita ingin yang
cepat dan tepat solusinya" ungkapnya.
Pada kegiatan tersebut tampak juga seorang peserta sangat
antusias menceritakan tentang pelayanan yang dia dapatkan.
"Pengalaman saya menggunakan BPJS Kesehatan ini sangat baik,
tiga-tiganya proses kelahiran anak saya menggunakan BPJS. MCS ini juga harus
dipertahankan, agar dapat menjangkau seluruh warga yang tidak sempat datang ke
kantor namun butuh mendapatkan informasi dan solusi cepat. Seperti saya tadinya
ingin ke kantor BPJS Kesehatan, syukurnya ada MCS di sini," ujarnya penuh
semangat.