Tak Cuma Lewat Call Center, Ini Berbagai Cara Pengaduan dan Layanan Terkait PLN Tanpa Biaya

Hadi Iswanto - Rabu, 28 Februari 2024 19:39 WIB
Tak Cuma Lewat Call Center, Ini Berbagai Cara Pengaduan dan Layanan Terkait PLN Tanpa Biaya
Pemeliharaan listrik oleh PLN
bulat.co.id - Pengaduan dan layanan terkait Perusahaan Listrik Negara (PLN) tak cuma bisa dilakukan lewat sambungan telepon call center saja, tapi juga melalui aplikasi hingga akun resmi media sosial. Semuanya bisa diakses secara gratis.Sejumlah masalah terkait kelistrikan bisa terjadi kapan saja. Karena itu, pihak PLN menyediakan sejumlah layanan pengaduan bagi para pelanggannya.

Pengaduan itu terkait pemadaman, meteran listrik eror, kerusakan dan sebagainya.

Layanan pengaduan PLN dapat diakses pelanggan selama 24 jam dan tidak dikenai biaya.

Pelanggan yang hendak mengajukan pengaduan bisa melalui sambungan telepon, aplikasi, hingga berbagai akun resmi contact center PLN di media sosial.

Selain melaporkan keluhan, pelanggan juga dapat mencari tahu dan mendapatkan informasi seputar PLN lainnya lewat layanan pengaduan tersebut.

Seperti terkait sambungan baru, penyambungan sementara, ubah daya dan migrasi, hingga notifikasi pemadaman terencana dan monitor pemakaian listrik pascabayar.

Nah, bagi Anda yang sedang cari info mengenai call center PLN atau contact center PLN, tulisan ini akan bermanfaat. Simak artikel ini sampai selesai, ya.


Call Center atau Contac Center PLN



Kamu yang mendapati kendala listrik dapat melaporkannya ke call center PLN atau contact center PLN.

Ini 6 layanan pengaduan PLN yang bisa dihubungi:

  1. Sambungan telepon: 123 atau (kode area) 123
  2. Aplikasi PLN Mobile
  3. Twitter: @pln_123
  4. Facebook: PLN 123
  5. Instagram: pln123_official
  6. Email: [email protected].
Cara Lapor Pengaduan PLN

Untuk mengajukan laporan terkait masalah kelistrikan, Anda bisa simak cara lapor pengaduan PLN berikut:

1. Cara Lapor Pengaduan PLN Lewat Telepon 123

Pelanggan PLN dapat mengadukan keluhan listrik dengan menghubungi call center 123 lewat telepon atau handphone di (kode area) 123. Layanan call center PLN bisa diakses selama 24 jam.

2. Cara Lapor Pengaduan PLN Via Aplikasi PLN Mobile

PLN Mobile merupakan aplikasi yang berguna untuk menyampaikan keluhan tentang kelistrikan bagi pelanggan PLN. Berikut cara lapor gangguan listrik lewat PLN Mobile:

Unduh aplikasi PLN Mobile di Play Store atau App Store

Login atau masuk dengan nomor handphone, email, atau akun Google

Klik menu Pengaduan di halaman utama aplikasi

Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan

Masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan keluhannya pada kolom yang tersedia

Kemudian klik Konfirmasi, lalu klik Ya

Jika tidak mengetahui nomor ID pelanggan, pilih lokasi melalui map yang disediakan. Tentukan lokasi, kemudian klik Konfirmasi. Isi data lokasi yang sesuai, kemudian pilih Lanjutkan

Lampirkan foto kendala (jika ada) dan masukkan deskripsi laporan, kemudian lanjut dengan Kirim Pengaduan

Setelah selesai, pelanggan akan menerima nomor laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih Ok untuk meneruskan laporan ke pihak PLN

Pelanggan bisa cek status penangan keluhan yang dilakukan petugas PLN terhadap laporan secara real time melalui aplikasi PLN Mobile.

3. Cara Lapor Pengaduan PLN Lewat Akun Media Sosial

Pelanggan juga dapat melaporkan kendala listrik melalui contact center PLN di sejumlah akun media sosial, yakni Twitter @pln_123, Facebook PLN 123, dan Instagram pln123_official.

Pelanggan bisa mengadukan laporan lewat direct message (DM) atau dengan mention akun-akun resmi tersebut.

4. Cara Lapor Pengaduan PLN Via Email

Selain itu, keluhan mengenai listrik PLN bisa pelanggan sampaikan pula melalui email resminya di [email protected]. Pelanggan dapat menuliskan keluhan yang terjadi serta melampirkan bukti foto kendala dan nomor meteran.

Itulah berbagai layanan pengaduan PLN beserta cara-cara melaporkan gangguan listrik. Semoga menjadi informasi yang membantu.

Penulis
: Hadi Iswanto
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru