bulat.co.id - Pengaduan dan layanan terkait Perusahaan Listrik Negara (
PLN) tak cuma bisa dilakukan lewat sambungan telepon call center saja, tapi juga melalui aplikasi hingga akun resmi media sosial. Semuanya bisa diakses secara gratis.Sejumlah masalah terkait kelistrikan bisa terjadi kapan saja. Karena itu, pihak
PLN menyediakan sejumlah layanan pengaduan bagi para pelanggannya.
Pengaduan itu terkait pemadaman, meteran listrik eror, kerusakan dan sebagainya.
Layanan pengaduan
PLN dapat diakses pelanggan selama 24 jam dan tidak dikenai biaya.
Pelanggan yang hendak mengajukan pengaduan bisa melalui sambungan telepon, aplikasi, hingga berbagai akun resmi contact center
PLN di media sosial.
Selain melaporkan keluhan, pelanggan juga dapat mencari tahu dan mendapatkan informasi seputar
PLN lainnya lewat layanan pengaduan tersebut.
Seperti terkait sambungan baru, penyambungan sementara, ubah daya dan migrasi, hingga notifikasi pemadaman terencana dan monitor pemakaian listrik pascabayar.
Nah, bagi Anda yang sedang cari info mengenai call center
PLN atau contact center
PLN, tulisan ini akan bermanfaat. Simak artikel ini sampai selesai, ya.
Call Center atau Contac Center PLN
Kamu yang mendapati kendala listrik dapat melaporkannya ke call center
PLN atau contact center
PLN.
Ini 6 layanan pengaduan
PLN yang bisa dihubungi:
- Sambungan telepon: 123 atau (kode area) 123
- Aplikasi PLN Mobile
- Twitter: @pln_123
- Facebook: PLN 123
- Instagram: pln123_official
- Email: [email protected].
Cara Lapor Pengaduan PLN
Untuk mengajukan laporan terkait masalah kelistrikan, Anda bisa simak cara lapor pengaduan
PLN berikut:
1. Cara Lapor Pengaduan PLN Lewat Telepon 123
Pelanggan
PLN dapat mengadukan keluhan listrik dengan menghubungi call center 123 lewat telepon atau handphone di (kode area) 123. Layanan call center
PLN bisa diakses selama 24 jam.
2. Cara Lapor Pengaduan PLN Via Aplikasi PLN Mobile
PLN Mobile merupakan aplikasi yang berguna untuk menyampaikan keluhan tentang kelistrikan bagi pelanggan
PLN. Berikut cara lapor gangguan listrik lewat
PLN Mobile:
Unduh aplikasi
PLN Mobile di Play Store atau App Store
Login atau masuk dengan nomor handphone, email, atau akun Google
Klik menu Pengaduan di halaman utama aplikasi
Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan
Masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan keluhannya pada kolom yang tersedia
Kemudian klik Konfirmasi, lalu klik Ya
Jika tidak mengetahui nomor ID pelanggan, pilih lokasi melalui map yang disediakan. Tentukan lokasi, kemudian klik Konfirmasi. Isi data lokasi yang sesuai, kemudian pilih Lanjutkan
Lampirkan foto kendala (jika ada) dan masukkan deskripsi laporan, kemudian lanjut dengan Kirim Pengaduan
Setelah selesai, pelanggan akan menerima nomor laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih Ok untuk meneruskan laporan ke pihak
PLN
Pelanggan bisa cek status penangan keluhan yang dilakukan petugas
PLN terhadap laporan secara real time melalui aplikasi
PLN Mobile.
3. Cara Lapor Pengaduan PLN Lewat Akun Media Sosial
Pelanggan juga dapat melaporkan kendala listrik melalui contact center
PLN di sejumlah akun media sosial, yakni Twitter @pln_123, Facebook
PLN 123, dan Instagram pln123_official.
Pelanggan bisa mengadukan laporan lewat direct message (DM) atau dengan mention akun-akun resmi tersebut.
4. Cara Lapor Pengaduan PLN Via Email
Selain itu, keluhan mengenai listrik
PLN bisa pelanggan sampaikan pula melalui email resminya di
[email protected]. Pelanggan dapat menuliskan keluhan yang terjadi serta melampirkan bukti foto kendala dan nomor meteran.
Itulah berbagai layanan pengaduan
PLN beserta cara-cara melaporkan gangguan listrik. Semoga menjadi informasi yang membantu.