IMF Hingga OECD Beri Peringatan ke Indonesia

- Jumat, 06 Januari 2023 13:00 WIB
IMF Hingga OECD Beri Peringatan ke Indonesia
Istimewa
Ilustrasi
Respons Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyadari hal ini. Jokowi bahkan menyebutkan bahwa tahun 2023 adalah tahun ujian bagi Indonesia.

"Kalau kita melihat secara global tahun 2022 ini tahun turbulensi, tahun 2023 ini adalah tahun ujian. Kalau kita bisa melewati turbulensi kemarin di 2022, kita harapkan di tahun 2023 ini tahun ujian ini dilewati, Insya Allah lebih mudah di tahun 2024," kata Jokowi.

Namun, dia masih berharap Indonesia masih bisa tumbuh di kisaran 5% pada tahun ini.

Menteri Keuangan tahun 2014-2016 Bambang P.S Brodjonegoro mengatakan pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh di atas 5% dengan beberapa syarat. Salah satunya adalah mengupayakan agar investasi bisa tumbuh sebesar 6%.

"Pertumbuhan ekonomi kita 5% atau sedikit di bawah 5%. Tetapi apabila ada upaya pemerintah di sisi investasi dalam artian mendorong investasi tumbuh 6% atau bahkan 7%. Barangkali itu bisa sedikit mengangkat pertumbuhan ekonomi agar bisa tetap di atas 5%," kata Bambang dalam sebuah kesempatan pada Program Profit.

Langkah ini, kata Bambang, harus dilakukan. Jika tidak dilakukan, pertumbuhan Indonesia bisa jadi hanya mengikuti tren konsumsi rumah tangga dan 5% itu menjadi batas maksimal.

Penulis
:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru