Bupati Darma Wijaya Buka Gelaran Bazar UMKM Semarak HUT RI ke-79 di Alun-alun Sergai 

Dedi S - Kamis, 15 Agustus 2024 22:04 WIB
Bupati Darma Wijaya Buka Gelaran Bazar UMKM Semarak HUT RI ke-79 di Alun-alun Sergai 
Yusnar
Bupati Sergai Darma Wijaya resmi buka gelaran bazar UMKM dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 , bertempat di Alun-alun Kabupaten Sergai, Kamis (15/8/2024).
bulat.co.id -SEEGAI I Semangat kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) terasa begitu meriah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Hal itu terlihat dalam gelaran bazar UMKM yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai Darma Wijaya, bertempat di Alun-alun Kabupaten Sergai, Kamis (15/8/2024).

Acara pembukaan dihadiri oleh sejumlah pihak termasuk unsur Forkopimda, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Rusmiani Purba, SP, M.Si bersama sejumlah Kepala OPD.

Bazar UMKM ini diikuti oleh lebih dari 80 pelaku UMKM dari seluruh Kabupaten Sergai. Beragam produk unggulan daerah, mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan, hingga produk fashion, dipamerkan dan dijual dengan harga bersaing.

Dalam sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyampaikan kegiatan ini tidak hanya dimaksudkan untuk merayakan kemerdekaan RI, tetapi juga merupakan semangat juang dan kreativitas masyarakat Sergai yang tercermin dalam produk-produk UMKM.

"Bazar ini adalah bukti nyata bahwa kita memiliki potensi besar untuk mandiri dan berdaya saing," tegas Bang Wiwik, sapaan akrabnya.




Darma Wijaya mengajak masyarakat Sergai untuk lebih aktif memberdayakan produk-produk lokal.

Dengan membeli dan mengonsumsi produk UMKM lokal, ia menyebut masyarakat turut berkontribusi dalam meningkatkan geliat ekonomi lokal.

"Setiap rupiah yang kita belanjakan disini akan berdampak langsung pada kesejahteraan para pelaku UMKM dan keluarga mereka," ujarnya.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung dan mempromosikan produk-produk UMKM Sergai.

"Mari kita bersama-sama menjadikan produk lokal sebagai pilihan utama, baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk oleh-oleh bagi saudara dan teman-teman kita," pungkasnya.

Antusiasme masyarakat terlihat jelas dari ramainya pengunjung yang memadati area bazar yang akan berlangsung sampai tanggal 18 Agustus 2024.

Mereka tampak menikmati suasana semarak kemerdekaan sambil berbelanja produk-produk UMKM.

Selain pembukaan bazar UMKM, di tempat yang sama berlangsung pelayanan kesehatan dasar gratis, pelayanan administrasi kepedudukan oleh moyanling (mobil layanan keliling) dan juga perpustakaan keliling yang juga berlangsung sampai 18 Agustus 2024.

Semangat memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia juga diisi dengan perlombaan menarik di Alun-alun Kabupaten Sergai.

Salah satunya gelaran Lomba Fashion Show yang diinisiasi oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sergai di Alun-alun Kabupaten Sergai, Sei Rampah, Kamis (15/8).

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai organisasi wanita, antara lain Dharma Wanita Persatuan dan Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI).

Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP. PKK Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXIII DIM 0204/DS Ny. Deasy Alex Sandri dan Wakil Ketua Bhayangkari Sergai Ny. Lely E. Sibuea.




Ketua bidang I TP. PKK Sergai Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih atas antusiasme para peserta. Ia menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai wadah kreativitas dan inovasi, sekaligus mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Di tengah berbagai tantangan yang kita hadapi, kita mampu menunjukkan kreativitas, inovasi, dan kekayaan budaya yang kita miliki," ujar Aini Zetara sembari menambahkan jika melalui kegiatan ini, para peserta bisa menanamkan nilai-nilai luhur kemerdekaan dan perkuat jiwa nasionalisme.

Dilanjutkan oleh Aini Zetara, lomba Fashion Show kali ini mengusung tema "Melalui Lomba Fashion Show Pakaian Bertema Kemerdekaan dan Nuansa Merah Putih, Tuangkan Kreativitasmu, Wujudkan Generasi Muda yang Bermutu (Bebas Berkreasi)".

Selain sebagai ajang perayaan HUT RI, dirinya menyebut kegiatan ini juga menjadi bukti nyata peran aktif PKK dalam memberdayakan perempuan Indonesia.

"PKK memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai luhur kemerdekaan dan mempererat persatuan bangsa," tandas Aini Zetara.

Penulis
: Yusnar
Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru