Berapa Perkiraan Biaya Ngecas Mobil Listrik Selama Setahun? Cek Faktanya

Hendra Mulya - Rabu, 07 Februari 2024 11:15 WIB
Berapa Perkiraan Biaya Ngecas Mobil Listrik Selama Setahun? Cek Faktanya
Istimewa
bulat.co.id - JAKARTA | Mobil listrik menjadi kendaraan ramah lingkungan yang diklaim lebih irit dibanding mobil konvensional. Bahkan, biaya pengeluarannya pun dibilang lebih hemat.Hal itu memang dibuktikan dengan biaya pengecasan yang lebih murah ketimbang harga bensin atau bahkan solar subsidi sekalipun. Malah, tak sampai Rp 100 ribu mobil listrik bisa digunakan sampai ratusan kilometer.

PT Neta Auto Indonesia sebagai distributor resmi mobil listrik Neta menjabarkan simulasi penghitungan konsumsi listrik pada mobil listrik Neta V. Mobil listrik itu memiliki kapasitas baterai 40,7 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 401 km sekali ngecas.

Untuk pengisian daya penuh melalui SPKLU, NETA V hanya memerlukan biaya dengan kisaran mulai dari Rp 70.000. Kalau setahun mobil listrik digunakan hingga 20.000 km, maka mobil ini hanya memerlukan biaya konsumsi listrik sekitar Rp 3,5 juta per tahun. Artinya, per bulannya cuma sekitar Rp 290 ribu.

"Perbandingan ini cukup signifikan dan tentunya lebih hemat dibandingkan dengan mobil konvensional di mana pada kelas small SUV, memerlukan biaya bahan bakar mulai dari Rp 26.000.000 per tahun atau sekitar Rp 2.200.000 per bulan. Dengan demikian, mobil listrik NETA V menawarkan penghematan hingga 87% dari segi bahan bakar," sebut Neta.

Keuntungan lain dari mobil listrik adalah adanya fitur DC Fast Charging. Untuk Neta V, ngecas dari 30 persen sampai 80 persen hanya butuh waktu 30 menit.

Kecepatan pengisian ini tidak hanya efisien, tetapi juga menghemat waktu pengguna dalam mengisi daya. Fleksibilitas dalam pengisian daya juga menjadi hal penting, pemilik mobil bisa melakukannya di dalam rumah dengan instalasi Wall Charger.

NETA memberikan keuntungan untuk para konsumennya dengan menyediakan Wall Charger beserta instalasi secara gratis untuk pembelian NETA V hingga 29 Februari 2024. Hal ini membantu pemilik mobil listrik untuk mengisi daya di rumah dengan lebih mudah. Bagi yang berencana memasang wall charger di rumah, disarankan menambah atau membuat meteran listrik baru dengan kapasitas minimal sebesar 7.700 VA untuk memastikan pengisian daya yang optimal.

"Dengan gambaran akumulasi biaya konsumsi listrik yang kami tunjukkan, kami ingin membuktikan bahwa memiliki mobil listrik NETA V bukan hanya pilihan ramah lingkungan, tetapi juga value for money untuk jangka panjang. Dan kami juga memberikan solusi dari keraguan masyarakat Indonesia, dengan menyediakan layanan purnajual yang terjangkau hingga 100.000 km serta jaminan seumur hidup akan komponen baterai dan lainnya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Kami berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan yang berkualitas yang berkelanjutan untuk semua konsumen kami," ujar Jordy Angkawidjaja, Product Planning Manager PT NETA Auto Indonesia.

Penulis
: Redaksi
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru