Prokopim Setda Malaka Studi Tiru di Kabupaten Belu

Andy Liany - Kamis, 04 Juli 2024 14:02 WIB
Prokopim Setda Malaka Studi Tiru di Kabupaten Belu
istimewa
Prokopim Setda Malaka Studi Tiru di Kabupaten Belu
bulat.co.id - Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Prokopim Setda) Kabupaten Malaka melaksanakan Studi Tiru di Bagian Prokopim Setda Kabupaten Belu, Rabu (03/07/2024).

Kunjungan tersebut merupakan upaya Studi Tiru mengenai sistem monitoring dan evaluasi keprotokolan serta dokumentasi publikasi kegiatan pemerintahan.

Rombongan Studi Tiru diantaranya Kasubag Protokol Prokopim Setda Malaka, Agustinus Manek, S. Ag dan Petugas Protokol, Romano Besin Berek, S.IP, Andi Muhammad Darmawan, S.STP dan Gresensia Seuk Seran, SE.

Kehadiran rombongan Studi Tiru Bagian Prokopim Setda Malaka diterima Asisten Administrasi Umum Sekda Belu Drs. Egidius Nurak, didampingi Kabag Prokopim Setda Belu Daniel Nahak, S.STP yang diwakili Pejabat Fungsional Analis Kebijakan pada Bagian Prokopim Setda Belu Robertus Bria Seran, S.Pt.

Hadir juga Personil Pembawa Acara, Maria Natalia N. Bisik, S.KM, Clotilde De Jesus Dos Santos dan Theodora Ermiyanti Lopez, SE. Fotografer dan Para Editor, Oktovianus Mali, Deddy Ferdianus Kala dan Rino Besin, SH, serta Sound Engineer, Klementinus Edwin Siri, Erastus Selan dan Gregorius Romanus Nono.

Asisten Egidius Nurak mengatakan, kehadiran rombongan kunjungan studi Bagian Prokopim Setda Malaka merupakan sebuah kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Belu dalam hal ini Bagian Prokopim Setda Belu.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Belu saya mengucapkan terima kasih dan proficiat atas kedatangan rombongan Studi Tiru di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Belu. Kami merasa bahwa banyak hal yang perlu kita belajar bersama, bahwa Studi Tiru ini sebagai langkah strategis untuk kita saling berbagi pengetahuan tentang pelaksanaan tugas-tugas kedinasan dalam aspek fasilitasi keprotokolan dan komunikasi pimpinan dilingkungan kerja pemerintah daerah," ungkap Asisten Egidius Nurak.

Dijelaskan juga bahwa, Bagian Prokopim Setda Belu selama ini sudah menggunakan sistem digital yang menggunakan akun Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok, Twitter dan Website sebagai sarana dalam melayani informasi kepada masyarakat, termasuk layanan fasilitasi keprotokolan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Dengan adanya diskusi dari kunjungan studi tersebut, tentunya teman-teman kita dari Bagian Prokopim Setda Kabupaten Malaka mendapatkan sebuah insight dalam berbagai hal terkait tupoksi kegiatan yang ada di Bagian Prokopim Setda Kabupaten Belu," jelas Asisten Egi Nurak.


Kabag Prokopim Setda Kabupaten Malaka, Ferdinand Hendro Babu, S.IP melalui Agustinus Manek, S.Ag selaku Kasubag Protokol yang memimpin rombongan kunjungan Studi Tiru dari Bagian Prokopim Setda Kabupaten Malaka menjelaskan bahwa, maksud tujuan kunjungan ke Kabupaten Belu adalah untuk belajar digitalisasi informasi layanan komunikasi dan dokumentasi pimpinan yang digunakan Prokopim Setda Belu dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belu.

Menurutnya, kegiatan Studi Tiru ini dilakukan dilakukan sebagai perbandingan sekaligus upaya peningkatan kinerja bagi internal Prokopim Setda Kabupaten Malaka dalam hal sistem monitoring dan evaluasi keprotokolan serta dokumentasi publikasi kegiatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malaka.

"Saya melihat Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Belu sangat bagus dan sudah maju dan sudah menjadi titik ukur untuk kami boleh belajar dari Protokol Belu. Sebagai Kabupaten yang sudah lama berkembang di wilayah perbatasan RI-RDTL ini, ada banyak hal yang kami lihat sudah sangat maju. Kami melihat Kabupaten Belu layak menjadi guru untuk Kabupaten Malaka," kata Agus Manek.

Ia menambahkan ada beberapa poin penting yang akan ditiru dari Bagian Prokopim Setda Belu, salah satunya tentang pemanfaatan media sosial dalam kerja-kerja kedinasan di bagian Prokopim Setda Kabupaten Malaka.

"Penggunaan media sosial masih menjadi pekerjaan rumah bagi kami. Saat ini kami baru melaksanakan fungsi keprotokolan. Sementara komunikasi pimpinan dan dokumentasi pimpinan belum berjalan maksimal. Nanti, setelah ini, kami akan melaksanakannya dengan merujuk pada regulasi yang ada. Dengan begitu, diharapkan informasi-informasi kebijakan pemerintah dapat diterima oleh masyarakat Malaka secara luas," ungkap Agus Manek.

Disampaikan pula, Prokopim Setda Kabupaten Belu menjadi rujukan bagi Prokopim Setda Kabupaten Malaka untuk tujuan proses pembelajaran. Agus Manek menilai, Kabupaten Belu sebagai rahim dari Kabupaten Malaka memiliki banyak kemajuan yang perlu ditiru, terutama di Bagian Prokopim Setda Kabupaten Belu.

"Malaka sebagai Kabupaten Baru yang baru berusia 11 tahun dan juga sebagai anak dari Kabupaten Belu, sudah sepantasnya kami kembali untuk belajar dan berguru tentang fasilitasi keprotokolan dan komunikasi pimpinan, supaya ke depan Malaka juga bisa lebih baik dan bisa sama seperti Kabupaten Belu dan kabupaten lainnya di NTT," ujar Agus Manek.

Ia juga berpesan khusus kepada Bagian Prokopim Setda Belu untuk terus pertahankan dan tingkatkan kinerja keprotokoleran, dengan tetap menginspirasi bagi semua Instansi Protokol Setda yang ada di wilayah perbatasan RI-RDTL, baik Kabupaten TTU dan Kabupaten Malaka khususnya, sebagai kabupaten perbatasan di Provinsi NTT.

"Kami datang ke sini untuk belajar, barangkali ada hal yang bisa kami tiru atau implementasikan di internal kami. Selain itu, tentu sebagai silaturahmi dan sharing apa saja terkait agenda-agenda keprotokolan dan komunikasi pimpinan," tutup Agus Manek.

Penulis
: Riki Cowang
Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru