Pemprov NTT Siap Gelar Kupang Exotic Run dan Jazz Festival

Andy Liany - Jumat, 30 Agustus 2024 17:50 WIB
Pemprov NTT Siap Gelar Kupang Exotic Run dan Jazz Festival
istimewa
Pemprov NTT Siap Gelar Kupang Exotic Run dan Jazz Festival
bulat.co.id - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berkerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Bank Indonesia dan Bank NTT siap menggelar event Kupang Exotic Run 2024 yang dirangkai dengan Jazz Festival, Donasi bagi Legenda Atletik NTT dan Pameran UMKM yang akan berlangsung pada Sabtu (31/8/2024) pekan ini.

"Kegiatan Kupang Exotic Run, ada 5K dan 10K ini merupakan kerjasama dengan PB PASI Pusat yang bertujuan untuk memberikan bimbingan dan memberdayakan potensi dibidang atletik NTT, khususnya sebagai Cabang Olahraga yang dilombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON) dan persiapan sebagai tuan rumah pada PON tahun 2028 mendatang. Harapannya kegiatan ini bisa masuk dalam kalender PB PASI kedepannya dan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun luar negeri, karena berlari di Indonesia Timur pasti sensasinya berbeda," ungkap Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake, SH., MDC pada Jumpa Pers di depan Lobby Lt. 1, Gedung Sasando Kantor Gubernur Provinsi NTT pada Kamis (29/8/2024).

Menurutnya, tema Exotic Run dipilih karena mempunyai ciri yang berbeda dengan event running lainnya, karena akan memasukan unsur budaya yang ditandai dengan pemakaian ikat kepala motif tenun bagi pelari pria dan selendang pinggang motif tenun bagi pelari perempuan kepada 100 pelari pertama.

"100 pendaftar pertama pria akan diberikan ikat kepala motif tenun dan selendang pinggang motif tenun bagi perempuan. Selanjutnya akan diadakan acara khusus bagi legenda atletik NTT, mereka yang mengharumkan nama NTT dikancah nasional dan internasional sehingga akan ada tanda kasih dari Pemerintah Provinsi kepada keluarga Almarhum Eduardus Nabunome, Welmince A. Sonbai dan Khatarina Nesimnasi," ujarnya.

Selain itu, event ini akan dirangkai dengan pameran UMKM binaan dari Bank Indonesia, Bank NTT dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT serta Jazz Festival yang akan menghadirkan bintang tamu Krakatau Band dan sejumlah Band lokal NTT.

"Malam harinya di Gedung Sasando akan diadakan Kupang Jazz Festival. Kita mengundang Bank Krakatau juga Band lokal, ini akan seperti pesta rakyat. Harapannya event ini meningkatkan minat terhadap musik bagi anak-anak muda, tidak dipungut biaya dan akan menjadi acara puncak Kupang Exotic Run," ujarnya.

Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati dikesempatan yang sama menyatakan dukungannya pada event ini. Ia mengungkapkan Bank Indonesia konsiten mendukung pertumbuhan ekonomi yang ada di NTT dan ini menjadi satu momentum bagi kemajuan ekonomi di NTT ditahun-tahun yang akan datang.

"Hingga akhir bulan ini kita berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT yang sudah mampu mengendalikan inflasinya sampai di bawah inflasi nasional yakni 0,85 persen per bulan Juli 2024, ini merupakan prestasi luar biasa. Yang menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Provinsi NTT adalah bagaimana memicu pertumbuhannya menjadi lebih tinggi lagi di bawah rata-rata nasional. ini merupakan momentum karena kita harus berlari untuk mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi dari nasional dan menjadi simbol kebersamaan sehingga dibutuhkan sinergi dengan seluruh stalekeholder di NTT. Harapannya dengan lomba lari ini kita bisa menciptakan rasa kebahagiaan juga meningkatkan pendapatan dibidang pariwisata, sektor jasa penginapan, akomodasi dan UMKM sehingga harapannya kita semua dapat menyuseskan acara ini," jelas Agus Widjajati.


Sementara itu, Plt. Dirut Bank NTT, Yohanis Landu Praing mengatakan,"Terima kasih kepada ide luar biasa dari Bapak Penjabat Gubernur sehingga acara ini dapat berlangsung, seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa ini memberi efek domino yang cukup luar biasa karena selain melakukan pemberdayaan terhadap UMKM tentu juga akan memberikan nuansa positif bagi pertumbuhan ekonomi NTT," ungkapnya.

Selanjutnya turut diadakan launching open donasi untuk legenda atletik NTT yakni, Almarhum Eduardus Nabunome, Welmince A. Sonbai dan Khatarina Nesimnasi yang ditandai dengan scanning QRIS melalui smartphone oleh Penjabat Gubernur NTT dengan minimal donasi Rp. 20.240.

Untuk diketahui, rute Kupang Exotic Run akan dimulai dari Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT, melewati Jalan El Tari, menuju Taman Nostalgia hingga Monumen Tirosa dan finish di Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT, sedangkan hingga penutupan pendaftaran pada Sabtu (17/8) lalu, terdata sebanyak 4.300 pelari yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti event tersebut.

Penulis
: Riki Cowang
Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru