Harga Gabah Kering di Tingkat Petani Pemalang Masih Belum Sesuai Harapan

- Senin, 13 Maret 2023 15:40 WIB
Harga Gabah Kering di Tingkat Petani Pemalang Masih Belum Sesuai Harapan
bulat.co.id/ Ragil Surono
Petani di Kabupaten Pemalang.

bulat.co.id - Bertepatan dengan musim panen raya bagi para petani di Kabupaten Pemalang, menjadikan harga gabah kering di pasaran belum sesuai harapan.

Beberapa petani mengaku, mereka berharap kondisi cuaca yang cerah dan panas ini bisa menghasilkan jemuran gabah dalam jumlah banyak. Namun, harga gabah dari hasil panen masih belum sesuai harapan.

Baca Juga: Panen Raya Padi Nusantara, Plt Bupati Pemalang Turun Langsung ke Sawah

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Tetuko Raharjo ketika di temui tim bulat.co.id di ruang kerjanya menuturkan jika harga gabah di kalangan petani memang masih belum sesuai dengan keinginan mereka karena waktu panen bersamaan di beberapa tempat di Kabupaten Pemalang.

"Iya, mau bagaiamana mas. Pada kenyataannya ini musim panen hampir serentak di Pemalang, bahkan nasional juga panen raya. Sehingga stok gabah melimpah. Itu sebabnya harga gabah murah," kata Tetuko, Senin (13/3/2023).

Dinas pertanian berharap kepada pemangku kebijakan agar dapat menetapkan harga yang berpihak kepada para petani. "Agar petani tidak menjual gabah terburu-buru. Pastikan kadar airnya minim, agar kualitas beras yang dihasilkan baik," jelasnya.

Penulis
:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru