Gelar Mabim, PMKRI Cabang Malang Kukuhkan 55 Anggota

Andy Liany - Senin, 22 April 2024 09:34 WIB
Gelar Mabim, PMKRI Cabang Malang Kukuhkan 55 Anggota
istimewa
Gelar Mabim, PMKRI Cabang Malang Kukuhkan 55 Anggota
bulat.co.id - Dalam rangka pelaksanaan proses kaderisasi dalam tubuh organisasi Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Malang Sanctus Augustinus menggelar masa bimbingan (Mabim).

Kegiatan yang bertajuk 'Datang untuk membawah terang bagi masyarakat di era post-truth' itu dilaksanakan di Aula Komisi Kepemudaan Katolik, Kota Malang pada tanggal (19-21/4/2024).

Mabim merupakan proses kaderisasi formal berjanjang ke dua di PMKRI setelah anggota mengikuti pendidikan formal masa penerimaan anggota baru yang wajib diikuti oleh anggota perhimpunan untuk dikukuhkan menjadi anggota biasa.

Ketua Panitia pelaksana, Rosulandria Al Fiony, melaporkan jumlah peserta yang megikuti Masa Bimbingan PMKRI cabang Malang tahun 2024 sejumlah 55 peserta dan telah dinyatakan lulus sehingga bisa dilantik menjadi anggota biasa.

Ada pun peserta yang mengikuti masa bimbingan berasal dari berbagai komisariat dan komisariat jajakan se-PMKRI cabang Malang.

"55 peserta yang dilantik, dengan harapan semoga kader yang dikukuhkan menjadi anggota biasa pada momentum Mabim ini, dapat berproses secara penuh ke depannya," ujar Fioni.

Sementara itu, Ketua Presidium PMKRI Cabang Malang, Doroteus Hartono menjelaskan esensi dan hakikat PMKRI merupakan organisasi perjuangan dan organisasi pembinaan kader.

Sebagai organisasi pembinaan, PMKRI memiliki system pembinaan formal berjenjang, yang salah satunya Mabim.


"Melalui proses kaderisasi ini kader diharapkan untuk semakin cakap dalam memahami nilai-nilai organisasi," ujar Doroteus.

Lebih lanjut dikatakan PMKRI merupakan organisasi kawah candra dimuka tempat pengembangan diri para kader gereja dan bangsa yang orentasinya adalah untuk menciptakan perubahan di tengah masyarakat.

Tak lupa pula ia mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang dengan caranya membantu menyukseskan agenda kaderisasi ini.

"Terima kasih kepada senior dan alumni, seluruh anggota biasa dan para stakeholder yang dengan caranya masing-masing ambil bagian dalam kelancaran kaderiasi ini," tutup Ketua PMKRI cabang Malang itu.

Proses mabim, bukan saja hanya menerima materi-materi formal, namun juga diisi dengan beberapa kegiatan seperti diskusi, melaksanakan analisis sosial ke beberapa tempat di Kota Malang dan juga pelatihan Simulasi Aksi.

Srikandi Ati, anggota dari Komisariat Jajakan Wisnuwardhana mengungkapkan komitmennya setelah dikukuhkan.

"Saya merasa bangga, karena telah dikukuhkan menjadi anggota biasa, kita berkomitmen untuk terus berproses dan belajar untuk pengemanga diri dan organisasi PMKRI," ujar Kordinator Komisariat jajakan Wisnuwardhana tersebut.

Penulis
: Riki Cowang
Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru