Dinas Kominfo Gelar Bimtek dan Uji Coba Aplikasi SI-MAKLEAT

Andy Liany - Jumat, 28 Juni 2024 07:01 WIB
Dinas Kominfo Gelar Bimtek dan Uji Coba Aplikasi SI-MAKLEAT
istimewa
Dinas Kominfo Gelar Bimtek dan Uji Coba Aplikasi SI-MAKLEAT
bulat.co.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Belu melalui Bidang Hubungan Media dan Sumber Daya menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Uji Coba Aplikasi SI-MAKLEAT kepada Para Admin Pengelola Web KIM Desa/Kelurahan Lingkup Pemerintah Kabupaten Belu.

Uji Coba Aplikasi SI-MAKLEAT yang digagas Kabid Hubungan Media dan Sumber Daya Dominikus Mali, S.Sos, Rabu (26/06/2024) di Aula Dinas Kominfo Kabupaten Belu itu, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kabupaten Belu, Fredrikus L. Bere Mau, ST melalui Kepala Bidang Layanan Informasi Publik Zelia L. Da Costa, S.STP.

Pada kesempatan itu Kabid LIP Zelia L. Da Costa, S.STP mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari proper yang dilakukan oleh Kabid Hubungan Media dan SDM, Dominikus Mali, S.Sos dalam mengikuti Diklat Pim III.

"Saya atas nama pimpinan hari ini membuka kegiatan Bimtek Uji Coba Website KIM tahun 2024, kegiatan ini dilakukan karena Kabid Hubungan Media saat ini sedang mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat III. Ini proper atau proyek perubahan tentang KIM yang ada kaitannya dengan tupoksi di Dinas Kominfo. Sebagai peserta diklat kepemimpinan, seorang harus dapat menghasilkan suatu inovasi yang dapat bermanfaat secara khusus bagi OPD dan secara umum bagi daerah atau kabupaten," jelas Kabid Zelia Da Costa.

Kabid Zelia juga meminta dukungan dari seluruh peserta yang hadir agar ikut menyukseskan kegiatan bimtek dan uji coba aplikasi Si-Makle'at ini.

"Saya minta bantuan dan kerjasamanya dari seluruh peserta untuk sukseskan kegiatan ini. Mohon maaf jika masih ada kekurangan dari aplikasi ini. Kami sangat mengharapkan masukan untuk penyempurnaan aplikasi ini kedepan," ujar Kabid LIP, Zelia Da Costa.

Peserta APKO, Kabid Hubungan Media dan Sumber Daya, Dominikus Mali, S.Sos, menjelaskan bahwa kegiatan Bimbingan Teknis dan Uji Coba Aplikasi Kim Berbasis Website Si-Makleat kepada para Admin Pengelola Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Lingkup Pemerintah Kabupaten Belu merupakan bagian pentahapan, sebagai terobosan inovasi dari implementasi Aksi Perubahan Kinerja Organisasi (APKO).

"Setelah melakukan pembuatan akun website Si-Makleat akan dilanjutkan uji coba kelayakan pengunaan aplikasi KIM Berbasis Website. Bimtek dan uji coba bertujuan agar para admin pengelola web dapat memahami langkah-langkah pengoperasian web dan penginputan konten dalam website KIM Si-Makle'at," jelas Kabid Domi.


Lanjut Kabid Domi, tahapan uji coba web dimaksudkan agar para admin dapat mengetahui pengunaan dan kelayakan sistem yang ada dalam website tersebut. Selain itu para admin juga akan mendapat pelatihan terkait pemanfaatan aplikasi secara baik.

"Tujuan diadakannya bimtek ini adalah dalam rangka pengenalan aplikasi web KIM Si Makle'at kepada seluruh admin KIM Desa dan Kelurahan agar dapat mengetahui dan mengelola secara berkesinambungan," tandas Kabid Domi.

Ia berharap bimtek dan uji coba website ini membuat para peserta agar dapat mengenali dan menguasai website Kim Si-Makleat sehingga data dan informasi yang ada di website dapat dimanfaatkan secara maksimal terkait diseminasi informasi bagi masyarakat desa/kelurahan.

"Mudah-mudahan website KIM Si-Makle'at ini dapat mempercepat diseminasi informasi yang tepat, memberdayakan masyarakat agar dapat memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan serta menyebarluaskan atau menghubungkan satu komunitas masyarakat dengan komunitas yang lainnya," ujar Kabid Domi.

Kadis Kominfo Kabupaten Belu, Fredrik L. Bere Mau, ST ketika menutup kegiatan bimtek kepada peserta admin mengatakan bahwa lewat bimtek ini diharapkan para admin dapat mengerti dan memahami pengunaan website, sehingga dapat bermanfaat sebagai sumber informasi yang cepat dan tepat.

"Halaman web tersebut berisi informasi, seperti teks, gambar, video, atau animasi. Website dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bisnis, pendidikan, hiburan, dan lainnya. Website memiliki berbagai fungsi, antara lain Penyebaran informasi," terang Kadis Edi Bere Mau.

Ia berharap agar penggunaan aplikasi Si-Makle'at ini kedepan semakin baik dan berkelanjutan. Sehingga setelah selesai kegiatan bimtek ini para peserta bisa langsung melakukan praktek dilapangan.

"Kita juga akan memantau praktek para peserta dilapangan. Oleh karena itu, para admin yang sudah dilatih diharapkan dapat bekerja dengan sepenuh hati bagi KIM masing-masing desa. Para peserta bimtek dan kita berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan bisa menghasilkan suatu perubahan bagi terwujudnya masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif," tutup Kadis Edi Bere Mau.

Diketahui, narasumber dalam kegiatan bimtek tersebut, yakni Pejabat Fungsional dari Prokopim Setda Belu, Robertus Bria Seran, S.Pt dan Pelaksana pada Dinas PPPAPP dan KB, Suri Lebo Eduardus, S.Kom terkait Pengelolaan Website dan Dasar-Dasar Jurnalistik. Peserta admin pengelola KIM yang di undang pada bimtek gelombang pertama terdiri dari 30 orang perwakilan dari desa/kelurahan se-Kabupaten Belu.

Penulis
: Riki Cowang
Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru