Beda Kopi Normal dan Kopi Decaf

- Minggu, 16 April 2023 11:00 WIB
Beda Kopi Normal dan Kopi Decaf
Istimewa


2. Tingkat keasaman

Selain kafeinnya, kopi normal dan decaf juga memiliki perbedaan pada tingkat keasamannya. Tingkat keasaman pada kopi ini sebagian besar dipengaruhi oleh proses yang dilalui sebuah buah kopi untuk menjadi biji kopi.

Kopi decaf ternyata memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi daripada kopi normal. Hal tersebut lantaran pengaruh proses dekafeinasi yang membuat biji kopi memproduksi kadar asam lebih banyak.

Tingkat keasaman ini dinilai melalui kadar pH yang terdapat pada biji kopinya itu sendiri. Kadar pH tertinggi pada kopi ditemukan ada ada kopi decaf robusta setinggi 5.0 - 5.1 pH.

3. Kandungan antioksidan

Kopi tidak hanya mengandung kafein tetapi juga kandungan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Antioksidan dibutuhkan untuk melindungi kesehatan tubuh dan melindungi imunitas.

Ada dua jenis kandungan antioksidan pada kopi yaitu polifenol dan asam hydroxycinnamic. Kedua antioksidan ini juga berfungsi untuk mencegah diabetes tipe 2 yang berbahaya untuk tubuh.

Sayangnya kadar antioksidan yang ada di dalam kopi decaf jauh lebih sedikit dari kopi normal. Lagi-lagi proses dekafeinasi yang dilakukan mengurangi kandungan antioksidan di dalam kopi.

Penulis
:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru