Bawaslu Pakpak Bharat Deklarasi Siaga Pengawasan I Tahun Jelang Pemilu dan Lounching Posko Kawal Hak Pilih

Bawaslu Pakpak Bharat Deklarasi Siaga Pengawasan I Tahun Jelang Pemilu dan Lounching Posko Kawal Hak Pilih
Lastro Banurea - Selasa, 14 Februari 2023 22:00 WIB
Bawaslu Pakpak Bharat Deklarasi Siaga Pengawasan I Tahun Jelang Pemilu dan Lounching Posko Kawal Hak Pilih
Foto: bulat.co.id/Lastro Banurea
Deklarasi Siaga Pengawasan satu tahun menjelang pemilu 14 Februari 2024.

bulat.co.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatra Utara, mendeklarasikan Siaga Pengawasan I Tahun Jelang Pemilu 2024 serta meluncurkan Posko Kawal Hak Pilih untuk pemilu serentak 2024.

Selain itu, pada kesempatan tersebut itu juga Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat sekaligus melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai serentak Tahun 2024.

Tampak, pada acara yang berlangsung di Kantor Bawaslu ini, Selasa (14/2/2023), turut dihadiri Ketua Bawaslu Feisal Berutu; Kordiv HP2H Saut Boangmanalu; Kordiv P3S Mawardi Tumanggor, Tokoh Masyarakat; Tokoh Adat; Ketua Panwascam se-Pakpak Bharat serta para PKD.

Ketua Bawaslu Pakpak Bharat dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini terinisiasi setelah ditetapkannya pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Febuari 2024.

"Hari ini tepat tanggal 14 Febuari 2023, satu tahun menuju pemilu yang akan kita hadapi. Kita tau bersama hari ini adalah proses tahapan yang sedang berlangsung menuju pemilu tersebut," kata Feisal.

Baca juga:Jelang Pemilu 2024, Komisioner KPU Sumut Monitoring Pelaksanaan Coklit di Binjai

Lanjut Feisal mengatakan, banyak hal-hal yang menyangkut tentang proses itu (Pemilu 2024-red). Salah satunya bagaimana proses pengawasan.

"Untuk itu, kegiatan ini bermaksud salah satunya adalah bagaimana kita seluruh elemen, masyarakat, baik tokoh masyarakat, tokoh adat, pemuda, kawan-kawan pers dan juga pastinya kawan-kawan penegak pemilu tingkat kecamatan dan desa tidak hanya berpatokan pelaksanaan tugas, tapi harapan kita bagaimana partisipasi seluruh elemen dapat terwujud," ungkap Feisal.

Menurutnya,pemilu ini dapat berjalan baik, demokratis, jujur dan adil tidak hanya ditangan Bawaslu, namun termasuk juga di penyelenggara pemilu yang lainnya.

"Tapi erat hubungannya tentang bagaimana partisipasi seluruh elemen masyarakat. Tentu itu kita harapkan bagaimana kemudian deklarasi 1 tahun menuju pemilu ini terbangun kesadaran kolektif kita bersama bagaimana kemudian kedepan ini kerjasama yang digaris bawahi tentang partisipasi kita semua dalam rangka pelaksanaan pengawasan pemilu kedepan ini," harapanya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa sudah membentuk Panwascam pada bulan November tahun yang lalu. Dan juga sudah melantik PKD diseluruh desa di Pakpak Bharat.

Baca juga:Dapil Pemilu 2024 Pakpak Bharat Tetap 2 Dapil

Ia juga menekankan kepada seluruh Panwascam dan PKD agar membangun sinergitas dengan para tokoh, dengan insan pers dan stekholder yang ada di desa.

"Kami menyadari bahwa dinamika politik atau proses pemilu itu ada di desa. Para tokoh, para stakeholder ada di tingkat desa, para pemuda ada ditingkat desa. Maka kemudian semangat ini harus kita jalin dengan baik, semangat ini menjadi prioritas utama kita," katanya.

Sedangkan Koordiv HP2H, Saut Boangmanalu STh MM dalam sambutannya menyampaikan, deklarasi siaga ini digelar seluruh Bawaslu se-Indonesia dalam bentuk kesiapan Bawaslu untuk mengawal proses demokrasi.

Dikatakan saut, dalam satu desa hanya ada satu pengawas sehingga dibutuhkan kerjasama berbagai pihak agar semua tahapan pemilu bersih, jujur dan adil, nantinya.

Lanjut Saut menyampaikan, indikasi politik uang, salah satu kejahatan yang harus diketahui masyarakat. Namun Bawaslu tetap memaksimalkan pencegahan agar pemilu berjalan tidak berdasarkan politik uang tapi sesuai dengan program visi misi pemilu yang jurdil.

Penulis
: Lastro Banurea
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru