Anggota Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Perintis Presisi di Kota Ruteng

Andy Liany - Rabu, 17 Juli 2024 10:01 WIB
Anggota Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Perintis Presisi di Kota Ruteng
istimewa
Anggota Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Perintis Presisi di Kota Ruteng
bulat.co.id - Anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan giat Patroli Perintis Presisi, patroli dialogis, dan himbauan Kamtibmas pada malam hari di dalam kota Ruteng, pada Selasa (16/07/2024) pukul 19.10 Wita.

Patroli ini menyasar pengendara roda dua/sepeda motor, pemukiman warga di Kelurahan Lawir, Leda, Pau, Tenda, Satar Tacik, dan Kelurahan Mbaumuku, serta masyarakat yang masih beraktivitas malam di beberapa tempat.

Cara bertindak yang dilakukan oleh anggota patroli adalah berkomunikasi dialogis dengan masyarakat yang masih beraktivitas malam untuk mencari informasi terkait gangguan keamanan sambil menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.

Selain itu, anggota patroli juga memberikan himbauan kepada pengguna sepeda motor agar tidak ugal-ugalan dalam mengendarai kendaraannya dan menghimbau agar segera mengganti knalpot brong/racing bagi pemilik kendaraan yang tidak menggunakan knalpot standar, guna menghindari gangguan kenyamanan masyarakat pada malam hari.

Selain itu, himbauan juga diberikan kepada pemuda yang nongkrong di depan kios warga agar tidak mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan dan tidak minum di tempat umum, serta tidak keluyuran sampai larut malam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan demi terciptanya situasi yang kondusif.

Patroli ini diharapkan dapat mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dalam kota Ruteng, meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat pada malam hari.


Patroli Perintis Presisi diharapkan dapat meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, serta memberikan perlindungan, pengayoman, rasa aman, dan tentram pada masyarakat.

Patroli ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat guna mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli dilaksanakan dengan menggunakan satu unit kendaraan dinas roda empat (Randis R4 Dimex) dengan kekuatan personel sebanyak delapan orang yang dipimpin oleh Kanit 1 Dalmas, Aipda Kadek Suarsana. Giat berjalan dengan lancar dan situasi terpantau aman terkendali.

Penulis
: Riki Cowang
Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru